Sabtu, 12 Mei 2012




Secara umum selasih mempunyai khasiat sebagai tanaman obat. Bagian-bagian dari tanaman selasih yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan yaitu seluruh herba (daun, batang, tangkai, bunga), biji dan minyak atsiri. biji selasih, selain nikmat dibuat minuman juga menyehatkan. Seluruh bagian tanaman ini berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, baik fisik maupun psikis.
Ada berbagai macam penyakit lain yang sanggup dihadapi selasih. Dalam farmakologi Cina dinyatakan kalau seluruh herba ini bisa merangsang penyerapan (absorpsi), peluruh keringat (diaporetik), peluruh kencing (diuretik), menghilangkan sakit (analgesik), melancarkan peredaran darah dan membersihkan racun.
Kemampuan lainnya yakni membunuh kuman (antiseptik), peluruh angin (carminativa), mematangkan bisul (maturativa), radang lambung, pencahar, TBC, dan menghentikan kegugupan.
Teh daun selasih biasa diminum untuk menyembuhkan segala jenis batuk, demam malaria, gangguan pencernaan, penambah napsu makan dan tak enak badan. Baik pula untuk gangguan pernapasan, mual, nyeri haid, pengobatan pascapersalinan, pembersih dan penguat jantung. bijinya bermanfaat untuk meredakan panas dalam dan pelembut kulit.
Sebagai antiradang selasih memiliki efektivitas sama seperti aspirin dan ibuprofen. Yang menguntungkan, tidak seperti obat-obat itu, selasih tidak mengiritasi perut. Itu karena pada herba ini terdapat lebih unsur yang mencegah perlukaan dalam tubuh yang disebabkan obat-obatan.

Etimologi
Nama kemangi berasal dari bahasa Yunani basileus [ βασιλεύς ] raja , karena aroma kerajaan ramuan ini. Nama-nama kemangi di hampir semua bahasa Eropa yang terkait, meskipun mereka menunjukkan beberapa variasi vokal: Islandia Basilika , Belarusia bazylik [ базылік ], Serbocroatian bosiljak [ босиљак ], Albania bozilok , Ceko bazalka , Hungaria bazsalikom , Rumania busuioc , Provençal baseli , Basquebrasilla dan Yunani modern Vasilikos [ βασιλικός ]. Di era kolonialisme, nama yang juga dipindahkan ke beberapa bahasa Afrika, e. g. , Ewe bebusui dan Amharikbesobila [ በሶቢለ ].
Kata Yunani basileus [ βασιλεύς ] raja berarti pada dasarnya pemimpin rakyat .Elemen pertama berasal dari bainein [ βαίνειν ] pergi , yang cukup mengherankan adalah serumpun ke Bahasa Inggris datang dan Latin identik venire , Proto-umum Indo- Eropa root lisan menjadi g ʷ em . Sambungan dibuat lebih jelas jika kita mempertimbangkan bentuk Yunani Mycenaean dari gwasileus [ 𐀣 𐀯 𐀩 𐀄 ] tuan .Elemen kedua adalah laos [ λαός ] orang , yang tidak memiliki sanak dalam bahasa Inggris modern, Inggris Kuno untuk Leod telah ditinggalkan demi Romantis orang ; terkait adalah Jerman Leute , Perancis Tua liode , Lithuania liaudis dan Rusia lyudi [люди ] orang dan Latin liber bebas manusia (Proto- Indo- Eropa akar leud ʰtumbuh ke atas ).
Nama-nama seperti Italia Reale Erba dan Perancis herbe kerajaan kerajaan ramuan , atau JermanKönigskraut dan Belanda koningskruid ramuan raja mungkin calqued dari nama Yunani. Meskipun asal independen, nama Quenya asea aranion [                ] menanggung asosiasi sama: aran [      ] raja .
Nama Iberic kemangi (Spanyol Albahaca , Portugis alfavaca dan Katalan alfàbrega , juga BasqueAlbaraka ) adalah pinjaman Arab, seperti bisa disimpulkan dari awalan al- . Bentuk bahasa Arab asli adalahal-habaqa [ الحبق ] kemangi ; lih. juga Malta ħabaq dan melihat loncat untuk lebih banyak contoh dari kosakata bahasa Arab dalam bahasa Spanyol dan Portugis. Dalam bahasa Arab kontemporer sebagaimana diucapkan di Asia dan Mediterania Timur, habaq [ حبق ] telah menjadi agak jarang dan sebagian besar digantikan oleh al-raihan [ الريحان ]. Nama yang terakhir memiliki kerabat dekat dalam banyak bahasa dari Timur Tengah, e. g. , Turki Reyhan , Ibrani rehan [ ריחן ], Georgia rehani [ რეჰანი ], Kurdi dhaihan [ذةیحان ] dan Persia Rihan [ ریحان ]. Namun, perlu diketahui bahwa Turki dag reyhanı kemangi gunungberarti gurih . 
Ocimum canum: Basil Liar
Liar kemangi, O. canum
Raihan  berasal dari bahasa Arab Rih [ ريح ] atau riha [ ريحة ] bau, aroma dan awalnya tidak berarti kemangi tapi lain pabrik Mediterania aromatik, murad . Hal ini masih begitu di Afrika Utara Arab (dan Malta), apalagi, kata telah dialihkan ke Spanyol abad pertengahan sebagai Arrayan murad .
Nama genus Ocimum adalah versi Latin dari nama Yunani tanaman okimon [ ὤκιμον ], dimana kemangi disebut dalam karya Dioskurides. Ini berasal dari kata kerja ozein [ ὄζειν ] bau (bdk. ozon yang berbau dan Inggris bau).
Indic nama untuk kemangi suci, e. g. , Telugu tulsichettu [ తుళసిచెట్టు ], Tamil Tulasi [ துளசி ] dan Hindi Tulsi [तुलसी ], berasal dari bahasa Sansekerta Tulasi [ तुलसी ]; untuk nama terakhir, tidak ada etimologi memuaskan dikenal. Untuk membedakan kemangi suci lebih jelas dari berbagai Eropa, nama senyawa dapat digunakan, e. g. , Hindi janglitulsi [ जंगलितुलसी ] hutan kemangi atau Urdu Kali Tulsi [ کالی تلسی ] kemangi gelap , mengacu pada warna kemerahan daun.
Nama Vietnam Rau que [ Rau que ] kayu manis tanaman (ditekankan tergantung que [ hung que ] kayu maniskemangi ) menyinggung bau manis aromatik dari beberapa kultivar seperti Thailand horapha , meskipun hal ini lebih dekat dengan adas manis daripada kayu manis. Memang ada rasa kayu manis varietas kemangi, tetapi ini adalah, untuk pengetahuan saya, tidak dikenal di Vietnam


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Jual tanaman Daun basil,lampes,kemangi hutan,per pohon 10ribu minimal 10pohon,bet akar lebat.sms.wa0896-7677-2251 ata
u 0896-2080-0393 pak Soleh.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants